Review Ketuban Pecah Dini (KPD)

Akhirnya setelah bayi berusia 7 bulan baru sempet juga nulis pengalaman yang kadang kalau inget rasanya trauma hamil lagi, tapi pengennya anak banyak. loh ?

Saat usia kandungan 30 minggu tiba-tiba di suatu subuh saya hendak ke kamar mandi seperti biasanya dan siap-siap berangkat kerja. lah setelah ke kamar mandi saat beranjak keluar pintu tiba-tiba ada cairan yang tidak bisa ditahan keluar begitu saja. Beda jauh dengan air seni yang masih bisa ditahan laju keluarnya, cairan ini bener-bener keluar gitu aja. Setelah di perhatiin ada semcam lanugo di cairan yang keluar.

Sontak saat itu juga udah aware banget. "Ketuban pecah nih" tapi usia kehamilan baru 7bulan dong. Panik sepanik-paniknya. Lalu kontak dokter Tri di BWCC karena beliau ada jam nya siang maka bertahanlah saya di kamar tidak bergerak sampe siang hari. Cuma tidur di kasur. PENTING : Ketika tau itu ketuban usahakan jangan banyak gerakan yang menyebabkan air ketuban kamu makin banyak keluar dan habis. Bahaya banget buat bayinya. Bego nya, saat tau itu ketuban saya gak mikir kalau itu bakal lebih bahaya di banding pendarahan saya di 4 bulan kemaren. Mikirnya "Ah elah besok juga kerja kok"

Siangnya di Klinik, muka dokter Tri udah panik, lalu saya di liat menggunakan kertas lakmus apakah cairan yang keluar benar ketuban atau tidak. Saya udah ketakutan sendiri ngeliat dokternya yang mukanya serius banget. duuhh.. apalagi ini....
Bener aja abis uji lakmus warnanya berubah jadi biru which is mean KETUBAN GUA UDAH PECAAHHH BAYI MAU LAHIR

Dokternya ngerujuk untuk dapet penangan lebih ampuh di luar karena kondisi seperti ini sangat riskan untuk bayinya. Usia bayi w baTotal 7ru 7 bulan 1/2 berat baru 1.3 kg. Masih keciiillll banget, kemungkinan terburuk masuk NICU yang lamanya bisa berbulan-bulan. Saat itu juga air mata gak bisa berhenti ngalir. Ya Alloh, takut.

Dokter Tri ngasih beberapa pilihan, mau RS mana yang bakal dijadikan rujukan, ada Sari Asih, Premier Bintaro sama apalagi gitu. Gak pake mikir saya langsung memutuskan Premier. Gak peduli sama image Premier yang high class a.k.a mahal. Saat itu yang ada di otak pokoknya yang terbaik untuk anak, uang masih bisa di cari.

Sampai premier Alhamdulilah banget ketemu dokter Okky yang udah berpengalaman sama kasus KPD bahkan pasiennya pernah ada yang KPD di usia 4 bulan dan selamat bayinya sampai melahirkan. Setelah masuk UGD di premier, dokterpun melihat hasil USG yang menyatakan ICA nya masih dalam batas baik sehingga bayi masih bisa di pertahanin dalam perut. Saat itu juga berasa lega. Konsekuensi saya bener-bener total bed rest. Gak boleh gerak sedikitpun. SEDIKITPUN!

Si Bayi Saat USG KPD Minggu 30 

Buang air di kasur semuanya, makan juga, minum, main HP apalagi ya pokoknya semua di kasur. Jangan bayangin di kasur semacam leha-leha dihari libur. SALAH BESAR. Bed rest nya gerak miring ke kiri atau kanan aja di kasur gak boleh. Berasa mayat hidup berbulan bulan cuma bisa baring, kepala doang yang bisa miring, badan harus ditampung dengan posisi kaki dan kepala lebih tinggi dari rahim. kebayang gak?

Total 7 hari di Premier dan saat hari ke 7 berat bayi udah naik ke 1.5 kg. waah senengnya 1 minggu 200 gram. Angin segar itu yang kemudian membuat dokter luluh dan menyuruh saya pulang, alasan selanjutnya sih saya agak maksa mau pulang mengingat biaya semakin membengkak. Asal tau aja 1 kali infusan yang saya pakai harganya 1 juta. Infus doang ya, belum lagi biaya inap nya semalam udah berapa. Sedihhh aku tuuu ingetnya. Tapi alhamdulillah, si Bayi ada aja rezekinya keren banget euy dia.

Hmm.. after 7 days di rawat, seneng banget denger mau pulang. Ada kejadian yang berbekas banget di memori saat pertama kali excited mau duduk karena muak 7 hari tiduran dari jauh suster senior ada yang teriak "tolong itu ibuk suci jangan di berdiriin langsung nanti pingsan" suster junior yang mapah saya udah kepalang diriin saya dan bener aja jatuh berdua di kasur. Gila... badan beneran berat banget, kepala kunang-kunang, kaki kayak banyak paku rasanya. ya ALLOH 7 hari gak duduk aja begitu ya bener-bener gak bisa bangun. :(
akhirnya sampe depan mobil 1 suster sama 1 satpam ngawal dorongin kursi roda. Mau masuk ke mobil dari kursi roda itu rasanya.. waaah juga. Duduk di kasur aja susah apalagi jalan pindah dari kursi roda ke mobil. Mau copot kepala rasanya

Dirumah tindakan terapis tetap 2 hari sekali manggil bidan dateng kerumah ngecek denyut jantung anak di perut. Setiap 2 hari sekali wajib, kadang 1 hari sekali kalau lagi was-was. Minum obat penahan kontraksi (Kalau kontraksi kemungkinan bayi keluar bisa terjadi) sama makaan enak. Setiap hari menu rutin setelah keluar RS

Pagi Subuh  : Susu milo 1 kotak + Alpukat + Sarapan
Siang : Buah+ Air Kelapa + es Krim + Makan siang + Cadburry 1 bar
Malem : Cadburry + milo 2 kotak + Es krim
Gitu aja terus sampe mual muntah coklat trus badan bengkak

NOTE :
Inget pesen dokter buat Bedrest total dan jangan ngeyel gerak kanan kiri. Dulu pas ngeyel mau nyoba miringin badan biar bisa Buang air di pispot ternyata... si ketuban muncrat keluar langsung kayak keran. serem pokoknya. Makanya ngalah deh pedes punggung.

Setelah bed rest total 1 bulan di usia kehamilan 8 minggu 1/2 akhirnya selaput ketubannya menutup.Terbantu dengan kepala bayi yang nutup lubang yang bocor. Akhirnya bisa belajar duduk setelah sebulan. Gak gampang duduk, bangun aja harus di bantu 2 orang. Setelah itu belajar merangkak, buat pergi ke kamar mandi. Setelah merangkak belajar merayap di dinding, akhirnya setelah lulus itu semua belajar jalan lagi yeeeee... Serius, 1 bulan lebih gak gerak bener2 buat kaku saraf dan semua organ gerak.

Singkat cerita akhirnya si Bayi lahir dengan tindakan Sectio Caesarian di usia 38 week.  Yeee.. Finally I met my precious.
Kamu yang ditunggu-tunggu semua orang dengan cemas akhirnya keluar ke dunia dengan membawa beribu cinta dan bahagia.
Nak, bunda sayang abang
makasih udah kuat disana kemarin dan sekarang.
makasih udah banyak ajarin bunda arti keikhlasan dan pengorbanan.

Buat yang lagi mampir ke blog ini dengan kejadian serupa kunci nya yakin dan percaya kamu dan anak kamu pasti bisa lewatinnya. Alhamdulillah saya berhasil dan anak saya sehat walafiat, kalian pasti bisa !





0 komentar:

Posting Komentar